Senin, 18 Februari 2013

Tips Meningkatkan Otak Kanan dan Kiri


Hai sobat muda berprestasi, Meningkatkan Kecerdasan Otak merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan sobat mudaku yang berprestasi. Alasannya karena otak merupakan pusat kontrol yang mengendalikan hidup kita. Dengan Meningkatkan Kecerdasan Otak maka akan mengeluarkan potensi yang tersimpan dalam diri sobat muda berprestasi semua. Yang harus sobat muda berprestasi ketahui adalah dengan Meningkatkan Kecerdasan Otak maka akan terbentuk ‘Saraf Baru’ yang dapat melindungi sobat muda berprestasi semua terhadap gejala kepikunan yang banyak melanda orang-orang saat ini.

     Sobat muda berprestasi, jika sebelumnya saya pernah memposting mmemberikan ‘Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak’ para sobat muda berprestasi semua. Sebenarnya tak jauh beda, namun ‘Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak’ kali ini saya berusaha untuk mengungkapkan dengan bahasa yang lebih ringan sehingga sobat muda berprestasi semua dapat menangkapnya dengan lebih mudah.

     Diantara ‘Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak’ adalah sebagai berikut:

1.   Membaca
Wah, pasti ini adalah salah satu tantangan bagi sobat muda yang ‘kurang suka membaca’ kan?  Pertanyaannya, kenapa sih harus membaca? Jawabannya karena membaca dapat melenturkan otot-otot otak dan membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda hadirnya kepikunan/demensia.

2.   Mengaktifkan Tangan Kiri dan Kanan
Sobat muda, maksud dari tips yang satu ini adalah sobat muda semua harus mencoba kebiasaan baru. Memang sulit pada awalnya, namun ini akan membantu otak kita untuk bekerja lebih optimal.

3.   Belajar Bahasa Asing
Penggunaan bahasa asing dapat meningkatkan suplai darah ke otak yang berfungsi menjaga koneksi saraf-saraf sobat muda semua.

4.   Ubah Rutinitas
Pengubahan rutinitas yang sobat muda lakukan dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif karena adanya pola hidup baru yang dilakukan.

5.   Latihan Fisik
Latihan fisik secara rutin dapat membuat sobat muda selain dapat dapat meningkatkan kesehatan jasmani namun juga dapat meningkatkan kesehatan otak, meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.

6.   Hidup Sosial
Kecerdasan Otak sebenarnya dapat sobat muda semua lakukan dengan cara melatihnya. Dan kehidupan sosial yang sobat muda jalani adalah salah satu tips yang dapat memberikan perlindungan terhadap suatu penyakit Alzheimer.

7.   Menikmati Musik
Sobat muda, saat sobat semua mendengarkan musik sekaligus melakukan suatu pekerjaan lain maka cobalah lakukan 2 kegiatan tersebut secara bersamaan dan nikmati kegiatan-kegiatan tersebut.

8.   Bermain Puzzle atau Teka-teki silang
Pasti sobat muda berprestasi lebih sering menggunakan otak kanannya daripada otak kirinya. Nah, dengan bermain teka-teki silang, puzzle, tebak kata dapat melatih otak sobat muda semua khususnya yang berhubungan dengan otak kiri sobat muda.

9.   Bermain Permainan Strategi
Dengan bermain strategi maka akan memacu otak kanan sobat muda untuk berpikir lebih kreatif.

10. Mencari Hobi Baru
Hal-hal baru yang sobat muda lakukan akan membantu otak sobat muda semua tetap terjaga dalam kondisi yang aktif, jadi sobat muda semua harus kreatif memikirkan hal-hal yang baru yang belum pernah sobat muda semua lakukan.

     Kenapa ya, ‘Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak’ seperti diatas perlu diberikan. Alasannya karena tuntutan prestasi yang harus selalu sobat muda semua raih di zaman globalisasi ini. Karena, prestasi yang diraih bukan hanya prestasi biasa namun harus luar biasa karena prestasi luar biasa dapat memacu sobat muda semua untuk melakukan hal lain yang lebih positif dan bermanfaat lagi.

     Semoga ‘Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak’ ini dapat bermanfaat untuk sobat-sobatku muda di seluruh daerah untuk selalu berpikir positif dan selalu meraih prestasi sesuai minat dan bakatnya.J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.